Minggu, 10 April 2011

BAB II

BAB  II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

2.1  OrgOanisasi dan Kepemilikan
Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga kependidikkan/ Vocational Education Development Center ( PPPPTK/ VEDC) Malang merupakan bagian terpadu dari sistem Kependidikkan Nasional dibawah naungan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikkan. Misi utama adalah untuk meningkatkan pendidikkan kejuruan diseluruh Indonesia.
1.     PPPPTK/ VEDC Malang dalam perkembangannya harus melayani stakeholder dan pelanggan yang makin meluas antara lain:
2.     Lembaga Negara meliputi: Kementrian Pendidikkan Nasional, Dikdasmen, Dikmenjur, Dikmenum, Lembaga Diklat Daerah provinsi, Kabupaten dan Kota, BAPEDAL, Depnaker, SMK Negeri, SMU Negeri.
3.     Lembaga non Pemerintah: SMK swasta, SMU swasta, Lemdikla, Perguruan tinggi.
4.     Lembaga swasta: Perusahaan Nasional, Perusahaan  multi nasional, Perusahaan individu, BUMN.
5.     Individu: Karyawan atau karyawati, warga kota Malang  dan sekitarnya, Mahasiswa, Tamatan SMK dan SMU, Guru, Kepala Sekolah, Masyarakat  pencinta produk.

2.2  Sejarah PPPPTK/ VEDC Malang
PPPGT/VEDC Malang: Overview Kronologis - PPPPTK Bidang Otomotif & Elektronika Malang adalah sebagai berikut:
1982
Diskusi awal; misi feasibility study oleh expert dari Swiss yang diwakili oleh Swisscontact.
Agustus 1983
Penandatanganan MoU antara Pemerintah Indonesia dan Swiss dalam kerjasama Teknis untuk PPPGT/VEDC Malang. Recruitment 16 Technical Advisor oleh Swisscontact.Desain konsep arsitektural dan spesifikasi gambar fasilitas yang dibutuhkan dan equipment.
Januari 1984
Start kerjasama Indonesia-Swiss PHASE I (1984-1986). Kedatangan Team Leader Swisscontact dan 3 Head Departement.
Juni 1984
Kedatangan 12 Kepala Seksi dari Swiss. 116 orang Anggota Swisscontact mengambil posisi in-line di PPPGT/VEDC Malang dan mulai mentraining Counterpart Indonesia.
Agustus 1985
Tempat kerja sementara di STM Negeri Malang; Desain dan Pengembangan Materi Kuliah program DIII GK. Mulai program DIll Guru Kejuruan (D3GK) sebanyak 115 Mhs.
Oktober 1986
Program DIII (tahun pertama, Semester kedua). Pengembangan Materi Kuliah. Pindah ke kampus PPPGT/VEDC Malang yang baru (86'000 m2) di Arjosari, Malang.
Januari 1987
     Mulai kerjasama Indonesia-Swiss Phase II (1987-1989).
Menginstall peralatan bengkel PPPGT/VEDC Malang dan menjalankannya.
1988
Program DIII (Tahun ke dua, semester satu). Pelulusan Mahasiswa DIII angkatan pertama.
Januari 1989
Joint evaluasi pertama Indonesia -Swiss untuk PPPGT/ VEDC Malang. Program DIII (Tahun ke dua dan ke empat). Pelulusan Mahasiswa DIII angkatan ke dua.
Januari 1990
Mulai kerjasama Indonesia - Swiss Phase III (1990-1992). Pelulusan Mahasiswa DIM angkatan ke tiga. Pendidikan formal D3 GK dihentikan dan diganti dengan:
Penataran pendek untuk Guru.
Pembentukan Unit Produksi dan Jasa (PROJAS).
Pengembangan Sekolah Seutuhnya (PSS), membantu langsung 6 Sekolah STM.
1991
Pelulusan Mahasiswa DIll angkatan ke empat (terakhir).
Mei 1992
Menyelenggarakan program penataran untuk Guru STM.
Membantu 12 Sekolah STM melalui program PSS.
Aktivitas PROJAS untuk menyongsong pasar.
Peresmian PPPGT/VEDC Malang sebagai UPT Pusat Penataran Guru tingkat Nasional.
Penyelenggaraan Promosi Kompetensi Siswa (PKS) I.
Januari 1993
Mulai kerjasama Indonesia - Swiss Phase IV (1993-1997).
Pelaksanaan Training untuk Industri dan Masyarakat, Aktivitas PROJAS menjadi sangat penting.
Membantu 18 STM melalui aktivitas PSS.
Pengembangan program M&R dan Pendidikan Lingkungan Hidup.
PPPGT/VEDC Malang ditunjuk sebagai "Pusat Pengembang Pendidikan Lingkungan Hidup" untuk pendidikan Menengah Kejuruan.
Penyelenggaraan Promosi Kompetensi Siswa (PKS).
Januari 1994
Pengalihan penanggung jawab lini organisasi PSS dan PROJAS kepada partner Indonesia.
Penyelenggaraan Promosi Kompetensi Siswa (PKS) III.
September 1994
Pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan Link & Match1, PPPGT/VEDC Malang partisipasi dalam formulasi "Pendidikan Sistem Ganda (PSG)".
Misi Joint Evaluation Team ke dua untuk PPPGTA/EDC Malang.
Maret 1995
Penandatangan 'Addendum to Project Document' Penyelenggaraan Promosi Kompetensi Siswa (PKS) IV.
Juli 1995
Orientasi program, Penjelasan Complementary measures untuk SID/PSG, Pend. Lingkungan hidup, dan Dedaktik-methodik.
Membantu 38 Sekolah STM melalui aktivitas program PSS.
Maret 1996
Penyelenggaraan Promosi Kompetensi Siswa (PKS) V.
Juni 1996
VEDC masih didukung oleh 5 orang technical Advisor dari Swisscontact.
Secara bertahap pelepasan Technical Assistance dari Swiss.
April 1997
Misi Final Joint Evaluation Team Indonesia-Swiss untuk PPPGTA/EDC Malang.
Nopember 1997
Penandatangan MoU antara Pemerintah Indonesia dan Swiss dalam Technical Cooperation to Support Implementation of Environmental Education at Vocational Secondary Schools (SMK) berlaku (01.04.1998 s/d 01.03.2001).
Desember 1997
Secara resmi berakhir kerjasama Indonesia-Swiss phase IV di PPPGTA/EDC Malang.
1998
Pemantapan Organisasi dan pengelolaan institusi pasca kerjasama Indonesia-Swiss.
Implementasi MoU pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup untuk SMK di PPPGT/VEDC Malang.
Maret 1999
Perjanjian Kerjasama antara PPPGT/VEDC Malang dan MSW-Winterthur dalam tukar-menukar Instruktur dan siswa.
Maret 2000
Penetapan PPPGT/VEDC Malang sebagai Center of Indonesian-German-Institute (IGI).
Maret 2001
Innaguration Joint Program Diploma IV BA Malang, dan menerima mahasiswa baru Angkatan I.
Juni 2001
Perjanjian Kerjasama antara PPPGT/VEDC Malang dengan Elektronikschule Tettnang, dalam tukar menukar instruktur.
September 2001
Kerjasama dengan Pasca Sarjana ITS untuk melaksanakan Program Magister Mekatronika di PPPGT/VEDC Malang.
Januari 2002
PPPGT VEDC Malang sebagai "Siemens authorized Training Center untuk PLC"
Februari 2002
PPPGT/VEDC Malang sebagai "FESTO authorized Training Center for East Java"
Juli 2002
Kerjasama dengan Leybold-Didactic GmbH. dalam pengembangan Hardware dan Software.
Agustus 2002
Penerimaan Mahasiswa Baru Joint-Program Angkatan II.
Februari 2003
Letter of intent kerjasama antara GETEVOT Kingdom of Saudi Arabia and VEDC Malang dalam bidang M&R, Production Base Education, Set-up IGU, Traing the Trainers Program, Exchange Teacher Program.
April 2003
PPPGT/VEDC Malang mendapatkan sertifikasi ISO 9001 versi 2000 dalam manajemen diklat.

Mei 2003
Peresmian PPPGT/VEDC Malang sebagai IGI Center.
Agustus 2003
Peresmian Malang Innovation Technopark(MIT).
Penerimaan Mahasiswa Baru Joint-Program Angkatan III.
April 2004
Pengiriman 20 orang staf PPPGT/VEDC Malang dan Guru SMK binaan untuk melaksanakan implementasi system Maintenance and Repair di GETEVOT Kingdom of Saudi Arabia.
Juni 2004
Restrukturisasi PPPGT/VEDC Malang untuk mengantisipasi peran dan fungsi baru sesuai dengan tuntutan kebutuhan.
Februari 2008
Perubahan nama dan lembaga dari PPPGT ke PPPPTK dengan Peraturan Menteri No. 8 Tahun 2007, Tentang ORGANISASI & TATAKERJA. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan dan Tenaga Kependidikan
2.2.1 Manajemen
Aspek Pengembangan serta profil Sumber Daya Manusia mendapat perhatian utama dalam pengembangan institusi. Pengelolaan operasional berada langsung dibawah Kepala Pusat, yang dibantu oleh sebanyak 5 Kepala Instalasi, 3 unit Labo (JP-D4, CC, IGI), 1 Kepala Sub Bagian Tata Usaha, 1 Kepala Bidang, dan 3 Kepala Seksi. Jenjang manajemen pada PPPPTK/VEDC Malang terdiri atas struktural dan fungsional dengan jenjang golongan sesuai dengan aturan Pegawai Negeri.
2.2.2 Bidang Kegiatan
Dalam melaksanakan aktivitas, PPPGT (VEDC) membagi kegiatannya atas 7 bidang garapan:
1.      Manajemen dan Administrasi
2.      Inovasi dan Litbang
3.      Diklat dan Pengembangan SMK (SEP)
4.      Partnership
5.      Produksi dan Jasa (PROJAS)
6.      Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)
7.      Perlindungan dan Pemeliharaan Lingkungan Organisasi dan Manajemen Institusi.
2.2.3 Sumber Daya Manusia
Pada akhir tahun 2003, jumlah Pegawai Negeri Sipil di lingkungan PPPGT/VEDC Malang tercatat sebanyak 309 orang dengan proporsi 136 orang sebagai staf struktural dan 173 orang sebagai staf fungsional.

2.3  Visi, Misi, Tujuan dan Kebijakan Mutu (PPPPTK/ VEDC BOE Malang)
2.3.1 Visi
Center of excellent for training and education
2.3.2 Misi
Mengembangkan dan menyelenggarakan Diklat bagi pendidik dan tenaga kependidikan, industri, serta masyarakat yang berbasis pengetahuan, keterampilan, manajerial, enterpreneurship.
Meningkatkan mutu pendidikan melalui pengembangan manajerial, SDM, dan program dan pengembangan hardware & software pengajaran dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan di pemerintah pusat & daerah, industri serta masyarakat.
Mencetak tenaga profesional bidang teknologi terapan melalui pendidikan diploma dengan pola sistem ganda.
Mengembangkan dan melaksanakan Teaching Factory melalui Unit Produksi dan Jasa (PROJAS).
Mengembangkan dan melaksanakan networking melalui sertifikasi dan uji kompetensi di bidang kejuruan, edukasi, dan lingkungan hidup.
Melaksanakan perbaikan secara terus menerus (continual improvement) dalam pelayanan dan penyelenggaraan program serta aktivitas Institusi.
2.3.3 Tujuan
Menyiapkan sumber daya manusia secara profesional dalam rangka peningkatan dan pengembangan pendidikan kepada lembaga pendidikan, industri dan masyarakat untuk berkompetisi dalam era globalisasi.
Mewujudkan mutu pendidikan melalui pengembangan konsep dan penyelenggaraan pendidikan serta pelatihan di pemerintah pusat dan daerah, industri, maupun masyarakat.
Menjamin kompetensi sumber daya manusia  di bidang kejuruan, edukasi, dan lingkungan hidup melalui sertifikasi dan uji kompetensi.
Mewujudkan tenaga profesional mandiri sesuai kebutuhan pasar.
Menjadi institusi sebagai tempat belajar, berkarya dan berkarier yang kondusif, kreatif dan inovatif.
Mewujudkan institusi dinamis yang mampu memenuhi kebutuhan dan melampaui harapan pelanggan.
2.3.4 Kebijakan Mutu
Visi kami berorientasi pada pelanggan dan pasar.
Kami mengedepankan kepuasan pelanggan, serta selalu meningkatkan kinerja pelayanan.
Etos kerja kami berbasis kesadaran pada mutu.
Untuk mencapai keberhasilan, maka semua orang mendukung setiap proses kerja yang ditetapkan.
Datangnya kesuksesan dicapai  melalui mutu.
Mutu menjadi semangat dan budaya kerja kami dalam mencapai kepuasan pelanggan.
Cepat tanggap dan tanpa henti dalam perbaikan manajemen .
Upaya perbaikan dan pengembangan manajemen dilaksanakan terus-menerus secara terukur dan terprogram.
Meningkatkan mutu secara konstruktif bersama seluruh karyawan. Kami hanya memberikan produk bermutu kepada pelanggan, dan “mempertahankan” mutu pada posisi terbaik.
Asosiasi profesi, industri dan lembaga training terbaik adalah partner. Keberhasilan jangka panjang kami tercapai secara terencana, teratur, dan prospektif. Kami akan melayani partner kami secara fair.
Langkah kami dalam menangani inovasi berorientasi ramah lingkungan. Pengembangan kesadaran akan kelestarian lingkungan hidup menjadi perhatian kami dalam penerapan setiap program.
Adil memberikan manfaat kepada lingkungan sekitar. Kami melaksanakan program sosial melalui aktivitas pengembangan generasi muda, magang siswa, dan instruktur muda, sebagai tanggung jawab moral kepada masyarakat dan lingkungan.
Nilai produk kami berorientasi pada pasar global. Kami menyajikan training dengan kualitas yang bersaing di dalam dan luar negeri.
Gelora semangat layanan kami adalah ‘Bagi Yang Ingin Maju’. Kami akan melayani pelanggan yang selalu ingin mendapatkan skill untuk menunjang produktivitas dengan standar internasional.

2.4 Lokasi Perusahaan
Lokasi PPPPTK/VEDC (Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan) Malang terletak di kota Malang di daerah Arjosari tepatnya pada Jalan Raya Teluk Mandar, Arjosari Tromol Pos 5 Malang. Telepon (0341) 491239 – 495849, Fax (0341) 491342. Atau sebelah timurnya terminal arjosari yang digunakan sebagai tempat operasional dengan posisi perusahaan yang sangat strategis karena berdekatan dengan terminal arjosari.



.5 Struktur Organisasi PPPPTK/VEDC Malang
            Bentuk struktur Organisasi yang digunakan Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan / Vocational Education Development Center Malang berbentuk garis (line organization). Menurut Swastha (1995:141) pada jenis Organisasi ini setiap atasan mempunyai sejumlah bawahan tertentu dan masing-masing mamberi pertanggung jawaban tugasnya kepada atasan tersebut.
Kebaikan dari Line Organization:
Adanya kesatuan dalam pimpinan dan pemerintah.
Pimpinan dapat lebih cepat dalam mengambil keputusan, sebab tidak perlu mambicarakannya dengan orang lain.
Pimpinan dapat lebih cepat dalam memberikan perintah, sebab perintah tersebut dapat diberikan langsung pada bawahan.
Menghemat biaya, sebab pengawasn dari berbagai kegiatan hanya dilakuakan oleh seoarang saja.
Keburukan dari Line Organization:
Sering terdapat birokrasi yang menghambat jalnnya perusahaan.
Tidak adanya Spesialisasi yang menyebabkan tugas menjadi berat bagi para petugas sehingga kurang efisien.
Kurangnya kerja sama diantara masing-masing bagian.

2.6 Kepala Urusan Perlengkapan
pimpinan dari Unit Pengadaan dan Unit Inventaris dan Gudang yang tugasnya mempertanggungjawabkan semua kebutuhan setiap Departemen baik itu DIPA (Daftar Isian Pelaksana Anggaran) atau USK (Unit Swakeola Khusus).
Kepala Urusan perlengkapan dibantu oleh 2 staf, Yaitu:
1.      Penjab Inventaris tugas dan tanggungjawabnya yaitu menginventariskan barang- barang milik kantor.
2.      Penjab Pengadaan tugas dan tanggungjawabnya yaitu bagian yang mempertangung jawabkan atau melayani keperluan kantor.
Penjab Inventaris dan gudang dibantu oleh 2 staf, yaitu:
1.      Pelaksana Inventaris tugas dan tanggung jawabnya yaitu melaksanakan Inventarisasi atau mencatat keluar masuknya barang milik kantor.
2.      Pelaksana layanan umum tugas dan tanggung jawabnya yaitu melayani keluar masuknya barang.
Penjab Pengadaan dibantu oleh beberapa staf , yaitu:
1.      Pelaksana DIPA (Daftar Isian Pelaksana Anggaran) tugas dan tnggung jawabnya yaitu melaksanakan semua kegiatan yang berhubungan dengan dana APBN (Anggaran Pengeluaran Belanja Negara)
2.      Pelaksana USK (Unit Swakeola Khusus) tugas dan tanggung jawabnya yaitu melaksanakan semua kegiatan dana non DIPA dan dana yang tidak  berhubungan dengan dana APBN.
3.      Pelaksanaan Administri tugas dan tanggung jawabnya yaitu mengerjakan semuan administrasi DIPA dan USK.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan mempermainkan hatimu sendiri...
cobalah untuk jujur